Senin, 21 Januari 2013

Seleksi Wawancara Beasiswa Monbukagakusho

   Nah, untuk postingan saya kali ini, mungkin saya akan sedikit membantu temen-temen dalam mempersiapkan seleksi wawancara. Okeh, sebelumnya saya ucapkan selamat terlebih dahalu bagi kamu yang udah lolos seleksi tes tertulis. 
   Intinya, menurut pengalaman saya, wawancara itu sebenernya gak susah. Pihak pewawancara hanya ingin mengetahui kepribadian kita. Tapi ingat, walapun wawancara itu gak susah, bukan berarti kamu tanpa persiapan apa-apa untuk menghadapi seleksi wawancara ini dan sekali lagi saya sarankan, kamu jangan terlena dengan seleksi ini.
   Oh iya, sebelumnya, sebelum menghadapi tes wawancara itu ada tes tertulis lagi dan biasanya pihak kedubes akan merahasiakan tes tertulis ini. Tes tertulisnya yaitu :
    1. Program D3 : Tes Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang
    2. Program S1  : Tes Bahasa Jepang
    3. Program D2 : Tes Bahasa Jepang
  Setelah saya cari tahu, ternyata tes ini hanya untuk referensi aja pas seleksi akhir nanti alias gak wajib atau gak menjadi penilaian utama dalam penerimaan beasiswa Monbukagakusho. Hal ini saya ketahui, setelah saya coba browsing google dari website kedubes jepang di negara-negara lain. 
  Pengalaman saya dulu, karena saya ambil program D3, saya gak bisa bahasa jepang dan bahasa inggrisnya pas-pasan, tapi tetep lolos tuh, hehe. Intinya kalo udah ketemu tes tertulis ini, just do your best. Mungkin hal inilah alasannya kenapa kedubes merahasiakan tes tertulis ini, hehe.
   Tapi, kalian jangan sampe terlena ya dengan tes tertulis ini. Kalau saya sarankan, kamu harus tetap fokus pada persiapan seleksi wawancara. Karena yang menjadi inti dari seleksi kali ini itu adalah wawancara, bukan tes tertulis. Jadi jangan terlalu over buat persiapan ujian tertulis kali ini. Tapi, bagi yang udah punya basic bahasa jepang, bisa menjadi kelebihan tersendiri. Waktu jaman saya yang ngerjain tes bahasa jepang itu hanya 3 orang.
   Oke, kembali ke persiapan seleksi wawancara. Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit referensi berupa pertanyaan-pertanyaan yang bisa kalian pelajari:
   1. Perkenlkan diri anda
    2. Jelaskan mengenai keluarga anda
         3. Apa alasan anda ingin kuliah di Jepang
         4. Apakah anda bisa bahasa Jepang
         5. Apa rencana anda setelah lulus nanti
         6. Apa rencana  belajar anda ketika sampai di jepang
         7. Bagimana pendapat anda tentang negara jepang.
         8. Apa misi anda kedepan nanti
         9. Bagaimana cara anda mewujudkan misi anda
1      10.Apa motivasi anda mengikuti beasiswa ini
        11. Anda muslim? bagaimana menurut anda tentang makanannya disana
           Intinya, wawancara ini hanya mengetahui kepribadian kamu. Saya tidak bisa menjamin bahwa pertanyaan di atas akan keluar dalam wawancara nanti. Pertanyaan diatas hanyalah sebagai gambaran bagi kamu yang mau menghadapai wawancara beasiswa monbukagakusho.
          Tips menghadapi wawancara beasiswa ini, yaitu :
         1. Berkatalah jujur apa adanya, jangan ada yang dilebih-lebihkan.
         2. Berusahalah untuk menatap mata pewawancara, karena dengan demikian kalian menunjukan   
             rasa percaya diri kamu untuk mendapatkan beasiswa ini.
         3. Berpakaianlah yang rapih dan sopan, gunakan pakaian yang semi-formal.
         4. Ketuk pintu sebelum masuk ke ruang wawancara
         5. Jika sudah selesai, bersalamanlah dengan seluruh pewawancara.
         6. Jangan grogi ketika menghadapi pewawancara

         Oke, mungkin hanya segini yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.Bagi kamu-kamu yang udah lolos tahap ini, baca juga postingan saya tentang secondary screening.

34 komentar:

  1. bro kalau jelasin keluarga itu harus dijelasin ga detail masalah pribadinya kayak meninggal ato cerai ato dikenalin biasa aja sebatas nama dan kerjaannya

    BalasHapus
  2. nggak usah, pihak pewawancara kyknya gk mau dengar hal itu,,
    mnrt saya sih ceritain aja latar belakang pendidikan, kerjaan, dll, pkknya yg bukan berkaitan sama masalah keluarga,,ok.

    BalasHapus
  3. ka, itu wawancaranya menggunakan bahasa inggris atau bahasa indonesia? makasih

    BalasHapus
  4. kemarin kk pake b. indonesia kok wawancaranya..

    BalasHapus
  5. kak, maksud pertanyaan no6 "Apa rencana belajar anda ketika sampai di jepang" itu maksudnya apa ya? harus dijawab bagaimana? terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, di jepang kamu jurs. apa.. Jelasin aja tentang itu,,

      Hapus
    2. kalo pertanyaan no. 8 itu kan mirip banget sama no. 5, gimana bedainnya?

      Hapus
    3. Sama aja sih kyknya, tpi no klo no 5 udah ditanya, mungkin no 8 gk bakal ditanya, krna mungkin intinya sama aja.. Maaf klo buat bingung..

      Hapus
  6. Kak, pemeriksaan kesehatan perlu bawa foto rontgen gak ?
    Terus
    rekomendasi itu bernilai gak ?
    soalnya saya ama kepsek agak , nanggung gitu" deh :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk perlu, yg pentibg sertifikat kesehatannya..
      Klo rekomendasi kepsek itu penting, coba kamu yakinkan kepsek kamu sebaik mungkin deh. Biar hasilnya juga bisa maksimal..

      Hapus
  7. ka..jawabannya harus panjang-panjang ga ka,,?
    kalo singkat boleh ga ya ka..??

    Arigatou..

    BalasHapus
  8. salam kenal kak, saya Tia Hanifah, skrg kls XI IPA, mau tanya sedikit boleh kk?
    nilai rapot diperhitungkan gak kak?
    kalo kita minatnya ke arah kimia, jurusan apa aja yang bisa dipilih?
    sekarang kakak menempuh pendidikan di univ mana?
    trus yang katanya sebelum test, kita harus deketin profesor yang ada di jepang? benerkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo masalah nilai rappt diperhitungkan ato tidak (saya bkn panitia), masalah jurusan, bisa dilihat di web kedubes, mengenai deketin profesor itu untuk beasiswa monbusho program s2 and s3, klo d2, d3, s1 gk usah

      Hapus
  9. kak, dlu ada tes speaking bahasa inggrisnya nggak setelah tertulis? ya kayak menanggapi kasus gitu.. thanks kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak kok, saya wawancara dulu pke bhs indonesia dan wawancaranya itu lebih ke tentang, all about you..

      Hapus
  10. kak, kan saya sma nya dari jurusan ipa mau pilih jurusan ips, boleh nggak? kan tahun ini saya kelulusan, seandainya kalo saya ikut 2 tahun lagi masih boleh nggak? kalo seandainya lulus beasiswa monbukagakusho yang s1, masih harus ikut ujian masuk ke perguruan tinggi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau sih, coba tanyakan ke pihak kedubes klo pindah jurusan. Selama syarat umur masih memenuhi, masih bisa daftar. Iya, untuk s1 ada ujian universitas.

      Hapus
  11. Terima kasih informasinya. Oh iya, boleh saya tau websiteya kedubes Jepang ka? Boleh minta Linknya? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  12. kak saya mau nanya, dlu kakak Bahasa Inggris nya di isi (Good, Poor, Excellent) ??
    mohon kak jawaban nya ??

    BalasHapus
  13. Makasih infonya ya... minggu depan mau wawancara. Tunggu saya/aku/gue/ane/apalah tahun depan ya di negeri sakura (^o^)

    BalasHapus
  14. kak aku bingung, untuk di formulir gak perlu lebay kan? tapi lebih ke kenapa milih jurusan itu?

    BalasHapus
  15. kak kan saya berada di medan. untuk mengirim formulir pendaftarannya apakah harus ke jakarta atau kantor jendral jepang yg ada di medan kak ??
    saya mau mencoba kak tahun 2016 nanti :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya lupa kak, kirim email atau fb kakak biar gampang nanya nanya soal monbu

      Hapus
  16. Kak, yang lolos sampe bisa kuliah di jepang itu emang khusus anak yang pinter banget atau gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak harus pinter banget jga sih, tpi entah kenapa kalo kk liat orang2 yang lolos bea ini, emang pinter2, hehe.

      Hapus
    2. gk harus pinter2 banget, cukup menjadi cerdas, karena emg tujuan awal ke jepang kan buat jadi pinter dan cerdas :v

      Hapus
  17. Ka, kalo misalnya ikut beasiswa d2 terus dilanjutin ,apakah bisa melanjutkan beasiswa nya?

    BalasHapus
  18. Bisa, kalo nilai sama absen nya memenuhi bisa perpanjang beasiswa ke s1

    BalasHapus
  19. Kak, kalo mau daftar monbu harus pinter bahasa inggris gak?

    BalasHapus
  20. Untuk wawancara nya pake bahasa apa ya kak ??

    BalasHapus