Senin, 21 Januari 2013

Pilih program S1, D3 atau D2 ya?

   Untuk postingan saya kali ini, saya akan coba membantu teman-teman yang mungkin masih bingung mau pilih program S1,D3 atau D2 Beasiswa Monbukagakusho. 
     Hal pertama yang mungkin kamu lakukan adalah liat rata-rata rapot sama ijazah kalian apakah mencukupi untuk program  S1,D3 atau D2.
     Hal kedua yang harus kamu perhatikan adalah peluang kalian jikalau kalian mendaftarkan program S1,D3 atau D2. Saya akan beri sedikit gambaran tentang seberapa besar peluang kalian kalau kalian mendaftar program S1,D3 atau D2. 
     Untuk ketiga program tersebut, bisa saya bilang peluang paling besar adalah D3 atau D2. Sementara untuk program S1 peluangnya sangat kecil. Pernyataan saya ini didasarkan penelitian saya (ciee penelitian haha) mengenai ketiga program tersebut. 
     Penelitian saya adalah didasarkan pada seleksi Secondary Screening ( seleksi by MEXT ). Kenapa saya ambil dari seleksi Secondary Screening, karena nanti kamu tidak akan hanya bersaing dengan teman-teman kamu se-Indonesia tapi juga negara-negara lain untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. Tapi kalian gak perlu khawatir, menurut saya siswa-siswi Indonesia masih mampu bersaing dengan negara lain. Nah, Ini dia hasil penelitiannya :
     1. Filipina      : Membuka program S1 dan D2
     2. Malaysia    : Membuka program S1
     3. Thailand     : Membuka program  S1, D3, dan D2
     4. Singapura   : Membuka program  S1 dan D2
     5. Australia    : Membuka program  S1
     6. India           : Membuka program  S1, D3, dan D2
     7. Laos           : Membuka program  S1, D3, dan D2
     8. Turki          : Membuka program  S1, D3, dan D2
     7.  Sri Langka: Membuka program  S1 dan D3
    
        Data ini saya dapatkan dari website kedubes jepang di masing-masing negara. Sebenarya masih banyak negara-negara lain yang membuka beasiswa Monbukagakusho. Tapi saya cuma ambil beberapa sampel negara untuk bisa menghitung peluangnya . Kalau kalian gak percaya coba aja buka websitenya.
       Nah, dari data ini kamu bisa menghitung berapa peluang untuk S1, D3, atau D2. Kalau kita lihat hampir semua negara membuka program S1. Itulah alasannya mengapa saya bilang peluang untuk mendapatkan beasiswa Monbukagakusho program S1 sangat kecil. Sebaliknya, tidak semua negara membuka program D3 atau D2. Tapi, saya tidak melarang anda untuk memndaftar Program S1. Kalo misalnya anda benar-benar siap untuk peluang yang kecil ya, why not?
      Hasil penelitian saya ini terbukti dengan jumlah penerima beasiswa Monbukagakusho tahun 2013. Untuk tahun 2013, yang dapat beasiswa S1 dari Indonesia itu ada 5 orang. Sedangkan untuk program D3 ada 22 orang dan D2 ada 22 orang. Cukup besarkan peluang D3 dan D2. Jadi pertimbangkanlah kembali kalau  mau daftar program S1, D3, atau D2.

12 komentar:

  1. kak, kalo anak IPA boleh pilih jurusan IPS ga?
    ane anak IPA tapi pengen-nya masuk design...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, kyknya gk bisa deh, soalnya, nilai un kamu kan ipa, bukan ips, kalo masuk program ips yang dilihat nilai ips nya..

      Hapus
    2. boleh aja kok, lihat di website-nya.
      kalau IPS ke IPA lah ngga bisa.

      Hapus
  2. Permisi kak... mau nanya..
    apa bedanya ambil D3 dulu baru nanti lanjut ke S1 sama langsung ambil S1? apa hanya beda waktu atau pengaruh ke peluang cari kerja nantinya? saya takut kalau ambil S1 lewat D3 itu cari kerjanya lebih susah dari pada yg langsung S1..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, bedanya sih emang cuma masalah waktu aja sih, klo masalah peluang pekerjaan, yg dri d3 ke s1 sama yg langsung s1, sama aja peluangnya..

      Hapus
  3. ini mau tanya pengalamanmu, kemarin menghadapi soal itu gimana ya,, aku kok lihat contoh soal dari bank soal aja udah puyeng,,,mohon pencerahannya,, karena ini aku lolos seleksi berkas (minimal motivasi lah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru buka blog.
      Masih perlu di jawab kah? Mungkin telat ya,,
      Klo menghadapi soal sih tergantung persiapannya, klo persiapannya mesti bisa ngerjain soal sesulit apapun

      Hapus
  4. Ka soalnya pelajaran un kah? Aku masih kelas 11 tahun ini ka...tapi sangat berminat mengikuti beasiswa ini...kak kalau ngambil fisika berarti b.ing, math, dan fisika kan ka? Apakah keberhasilan mendapatkan beasiswa dilihat dari nilai semua yang diujikan atau hanya satu2 ka...? Tapi aku juga engga pinter-pinter banget ka..bisa engga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya bisa macem2, tergantung yg mau buat soal, selama ini gk pernah tau soal yg akan di tes setingkat un ato lebih susah, tpi bentuknya gk jauh2 dri soal2 tahun2 sebelumnya.. Mengenai keberhasilan dapet beasiswa itu seperti apa, saya jga gk tau (bukan panitia), klo kamu bnr2 pengen dapet beasiswa ini, bljr yg rajin yah, walau gk pinter, asal rajin belajar dan rajin nanya, mesti bisa kok..

      Hapus
  5. salam kenal kak, saya Tia Hanifah, skrg kls XI IPA, mau tanya sedikit boleh kk?
    nilai rapot diperhitungkan gak kak?
    kalo kita minatnya ke arah kimia, jurusan apa aja yang bisa dipilih?
    sekarang kakak menempuh pendidikan di univ mana?
    trus yang katanya sebelum test, kita harus deketin profesor yang ada di jepang? benerkah?

    BalasHapus
  6. maaf kak mau tanya kalo d3 ada jurusan agriculture gak?? saya mau masuk jurusan itu
    kalo d2 bisa lanjut s1 kayak d3 enggak??
    terimakasih

    BalasHapus
  7. Salam kenal kak, saya Ika Amaliah, saya sudah lulus tahun 2014 ingin mengikuti beasiswa monbu tahun depan, mau tanya saya lulusan SMK bisa tidak mengikuti beasiswa ini , apa ada teman kakak yang SMK seperti saya yang lulus seleksi beasiswa ini ? mohon jawabanya ya kak

    BalasHapus