Senin, 21 Januari 2013

Seleksi Secondary Screening

   Nah, untuk kali ini mungkin saya akan membantu temen-temen sekaligus memberikan tips-tips buat temen-temen dalam menghadapi seleksi terakhir beasiswa Monbukagakusho.
   Sebetulnya, dalam seleksi kali ini, kita hanya akan disuruh untuk mengumpulkan dokumen-dokumen pelengkap yang nantinya akan dikirim ke jepang untuk diseleksi. Dokumen-dokumennya yaitu : 
    1. Ijazah
    2. Nilai Ijazah
    3.Transkrip nilai rapot
    4. Surat keterangan dari sekolah
    5. Surat keteranagn dari kampus ( Bagi yang udah kuliah lebih dari 1 tahun )
    6. Surat rekomendasi
    7. Sertfikat kesehatan dari rumah sakit
    8. Formulir
    9. Foto
   Semua dokumen itu nanti, harus ditranslete dalam bahasa inggris. Tapi nggak usah takut, karena pihak kedubes nanti akan memberikan contohnya. Nah tipsnya adalah semua dokumen-dokumen ini jumlahnya harus kamu lebihkan. Misalkan kedubes mintanya 1 lembar, nah kalian harus menyiapkan dokumen tersebut minimal dua lembar. Intinya kamu harus punya cadangan dokumen ini semua. Kenapa? karena jika kamu nggak lolos di tahap ini, dokumen-dokumen cadangannya kan bisa buat daftar di tahun berikutnya. Jadi kamu gak usah repot-repot lagi ngurusin dokumen ini lagi. Karena menurut pengalaman saya ngurus dokumen ini cukup ribet loh, jadi alangkah baiknya kalian menyiapkan cadangan juga.
     Nah untuk formulir, itu nanti kita dikasih lagi formulir asli dari kedubes sebanyak 3 bendel dan formulir ini gak bisa diketik, mau nggak mau harus tulis tangan, wow, cukup capek buat nulis. Saya sarankan, kamu jangan sampe salah dalam nulis formulir, karena jika ada data yang salah atau tidak sesuai dalam proses pengisian formulir, beasiswa kamu bisa dibatalkan, jadi alangkah baiknya jika kamu udah selesai, kamu harus cek semua, dan pastikan bahwa tidak ada data yang salah dalam formulir kamu itu.
    Nah, sekian mungkin yang bisa saya share, semoga bermanfaat dan saya ucapkan see you next time in japan. Sayonara!!

8 komentar:

  1. kak, blognya bermanfaat bngt buat saya,,tahun depan saya mudah-mudahan mau ikut beasiswa monbukagakusho, tolong bantuan dan bimbingannya ya kak,, sebelumnya saya mau tanya dong kak, untuk ijazah sama rapot SMA kn dlm bntuk bahasa indonesia,,nantinya kan org kedubesnya minta yg udh ditranslate,nah,itu kita yg translate sndiri di komputer atau harus minta bantuan sekolh atau gmna sich kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo mau cepet sih, saya dulu translate sendiri, nanti minta guru bhs. Inggris buat ngecek yg salah2, nanti sekolah tinggal tanda tangan sama cap, selesai...

      Hapus
  2. kk, mau tanya. dapet cerita dari senpai", dll. katanya banyak yang gagal pada saat seleksi dokumen. kk ada referensi ngga caraya supaya saya dan temen" yang mau daftar, dokumen nya bisa di terima? hehehehehehe...
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jga gk ngerti ya, pnilaian seleksi dokumen itu kyk apa, emang sih banyak kasus, pdhl yg nilainya udah memenuhi..

      Hapus
  3. Senpai !!!, ane mau nanya. Itu maksudnya transkrip nilai rapor apa ? dari smester 1 kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf lupa, waktu itu kyknya transkrip nilai udah di kasih contoh dri kedubes tinggal ngisi, trus tinggal di cap sekolah, tpi lupa dri semester brp.

      Hapus
    2. okokok.Mau taya lg senpai, Kan ane dari SMK Penerbangan, bisa gak ngikut program S1 Mechanical Engineering ? atau harus D-3 ?

      Hapus
  4. Kak, nilai rapotnya itu dari semester satu ya ?
    Bukankah surat keterangan dari sekolah itu sama dengan surat rekomendasi dari sekolah ?
    Harus dalam bahasa inggris juga kan kak ?

    BalasHapus