Senin, 21 Januari 2013

Seleksi Ujian Tertulis Monbukagakusho

 Oke, sekarang kita lanjut gimana persiapan buat ujian tertulis beasiswa Monbukagakusho. Kalau boleh dibilang seleksi ini paling berat diantara seleksi yang lain. Alasannya berat adalah karena yang lolos pada seleksi ini hanya sedikit yaitu hanya sekitar 30 orang dari 500 orang. Seperti yang kita tau seleksi beasiswa Monbukagakusho untuk program S1, D3 atau D2 itu ada 4 tahap, yaitu :
      1. Seleksi Dokumen
      2. Seleksi Ujian Tertulis
      3. Seleksi Wawancara
      4. Seleksi by MEXT Japan
   Oke, sekarang kita fokus untuk ujian tertulis beasiswa Monbukagakusho. Hmm, mungkin yang jadi pertanyaan kamu adalah belajar dari mana kan? ayo ngaku, hehe (bercanda).Tenang, pada postingan kali ini, saya akan membeberkan buku-buku apa aja yang kira-kira akan bermanfaat untuk ujian tertulis beasiswa monbukagakusho berikut tips-tipsnya.
    Pertama, sebelum saya membeberkan itu semua, kalian bisa download soal-soal monbukagakusho tahun-tahun sebelumnya dan kunci jawabannya tentunya buat nyocokin jawaban kamu. Nah, kamu bisa download di http://www.studyjapan.go.jp/en/toj/toj0308e.html#1 . Inget, jangan cuma didownload doang ya, tapi juga dikerjain soal-soalnya, hehe..
   Kalau saya dulu cara gini, saya kan daftar Monbukagakusho program D3. ujian tertulisnya itu ada matematika dan fisika. Nah, saya download semua soal matematika dan fisika, mau itu soal buat S1, D3, atau D2, saya gak peduli, yang penting ada tulisan matematika sama fisika ya saya download buat belajar. That's it.
    Alasannya adalah karena kita gak akan tau, soal ujian Monbukagakusho itu bakalan susah atau gampang. Mungkin sedikit informasi aja kali yah, pas jaman saya yaitu untuk keberangkatan 2013, itu tipe-tipe soalnya hampir sama kayak 2007-2009.
    Oke, Setelah  kamu kerjain soal-soalnya, sekarang giliran saya untuk membeberkan kira-kira buku apa aja yang kira-kira bermaanfaat buat ujian tertulis Monbukagakusho. Ini dia :
    1. Math level A : Modulnya bisa di cari di google
    2. Complete Advance Level Mathematics  Pure Math :
        Untuk yang satu ini kamu bisa cari di google versi ebook nya.
    3. Japanese University Entrance Examination Problem in Mathematics :
        Nah, kalau yang ini bentuknya soal dan jawaban, kamu bisa dapetin versi pdfnya di google.
    4. Mathematics A-level Module by Muhammad Khadafi :
        Kalau yang ini gak wajib punya, karena susah juga nyari bukunya. Saya juga dapetnya dari
        fotokopi punya temen. hehe
    5. Physics with answers 500 Problem and Solution ( A.R. King and O.Regev )
        Nah ini persiapan buat yang mau ujian fisika. Kamu juga bisa dapetin versi ebooknya di
        google.Oh iya, kalo mau belajar buku ini, ngerjain soal-soalnya yang ada gambar-gambarnya
        aja, karena menurut pengalaman saya, ujian tertulis untuk fisika itu biasanya soalnya bergambar.
    6. Buku-buku SMA :
        Nah kalau yang ini jangan sampe dilupain, karena dasar-dasarnya kan ada di SMA.
   Nah, itu dia mungkin sedikit yang saya tau mengenai persiapan buat ujian tertulis beasiswa monbukagakusho. Oh iya, saya juga mungkin minta maaf gak bisa nyariin kalian referensi buat ujian bahasa inggris, kimia dll. Karena dulu saya ambil program D3 yang ujiannya cuma matematika sama fisika.
  Hmm, mungkin selama persiapan ujian tertulis ini kamu akan mengalami pasang surut dalam hal motavasi. Nah untuk itu, saya sarankan kamu jangan hanya mempersiapkan materi-materi yang akan diujikan untuk tes tertulis. Tapi, kamu juga harus selalu mengupdate motivasi kalian. Terserah bagaimana caranya, yang ngerti kan kamu sendiri.
    Menurut saya, tidak ada yang mudah dalam menggapai cita-cita. Begitupun yang saya alami dalam mempersiapkan beasiswa ini. Jalan yang saya lalui untuk mendapatkan beasiswa ini bisa dibilang sangat berliku-liku dan juga sangat menguji mental. Tapi percayalah, bahwa kalau kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini, semua perjuangan kamu akan terbayar lunas dan keberhasilan itu mampu menghapus semua kesedihan yang mungkin kamu alami selama memperjuangkan beasiswa ini.

39 komentar:

  1. makasih banyak atas postingannya ^^
    menambah kepercayaan diri sedikit lebih baik ^^
    semoga sukses mendapat gelar D3 nya
    kalau boleh kasi bocoran tentang penjuriannya dong.. sumimasen

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin.
      hmm, penjurian dalam seleksi apa dulu, mngkn saya beberkan yang saya tau,,
      1. Seleksi dokumen --> pihak kedubes memilih berdasarkan nilai rapot dan ijazah

      2. Seleksi ujian tertulis --> dipilih nilai nya yg bagus2 (sepertinya)

      3. Seleksi wawancara --> kurang tau pihak kedubes menyeleleksi dari hal2 apa ( yang penting jawab aja dgn jujur)

      4. Seleksi by Mext japan --> kurang tau juga (yang penting banyak2 doa aja kalau udah sampe tahap ini)

      ok, semoga sukses juga ya,,

      Hapus
  2. math level a yg mana kak? bisa minta link-nya gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk math level a itu udah dihapus filenya dari web servernya,, tpi masih bnyk kok buku ebook yg lain yg bagus, rajin2 aja nyari,,

      Hapus
  3. aku lolos seleksi berkas,, tapi,, masih pusing pas ngerjain bank soal

    BalasHapus
  4. Kalau yang pelajaran lain ada referensinya nggak kak? Soalnya sepertinya perlu juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, saya hanya punya referensi sekian.. Klo mau tambah silahkan cari sendiri ya,,

      Hapus
  5. makasih banyak infonya... sangat membantu... :D

    BalasHapus
  6. Kak, waktu belajar pernah gak stuck pas ngerjain contoh soal monbu? Klo stuck biasanya kk nyari pembahasannya dmn? Atau ada gak soal lain yg sejenis monbu tp ada pembahasannya?
    Soalnya soal2 yg di modul math A-level gak sesusah soal monbu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya, telat jawabnya
      Stuck, pernah.. Tpi itu tandanya dasar materi yg kamu pelajari kurang kuat, coba belajar lagi aja materinya..
      Saya jga dulu gitu kok..
      Emang sih soal di math A-level gak sesusah monbu, tpi disana banyak dasar-dasar materi yg bisa buat ngerjain soal-soal monbu.. Tpi klo merasa masih kurang, coba cri sendiri aja refensi yg lain,, toh menurut saya masih banyak referensi buku lain yg lebih bagus,,

      Hapus
  7. kak Ilham, minta petunjuk dong buat monbusho tahun 2015. nilai raport dan ijazah kakak dulu berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga mau apply yang tahun 2015....kita berjuang sama sama jhon!!

      Hapus
    2. aku juga :D
      semangat untuk kita semua :)

      Hapus
    3. kalau seleksi dokumen itu msh gampang, banyak yg lolos, min 80 klo D2 n D3, yg lolos bisa beratus2, tp yg ssh d seleksi trs dst

      Hapus
    4. Nilai un saya rata2 8.925 (nanggung banget kan dikit lagi 9) tapi rapot saya ga bagus2 amat nih, rata2 cuma 74.85 (teori rata2 73, praktek 78) kira2 lolos seleksi dokumen ga ya. Saya takut.

      Hapus
    5. Coba saja dulu, semua kemungkina bisa saja terjadi, tpi dri pada kamu khawatir, mending milih yg d3 ato d2 (hanya saran)..

      Hapus
  8. kalo lolos seleksi berkas,seleksi wawancaranya nanyain bakat juga gak kak??
    email dong ke yuyunrisqa@ymail.com
    arigatou :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakat? Kyknya pas jaman saya gk ditanya deh.. Tpi gk tau ya untuk tahun2 mendatang..

      Hapus
  9. kak makasih banyak rekomendasi bukunya!!!. waktu itu ikut bimbingan belajar yang khusus untuk beasiswa ini nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak kok, saya dulu bljr sendiri dri soal2 tahun lalu..

      Hapus
  10. kak sy kan mau nyoba yg s1 tahun ini, hasil tes tulis diumumkan berapa lama setelah tes nya ya? trus kalo kita lulus tes tulis (berarti bakal interview), disuruh submit dokumen2 gitu ga sblm interviewnya? kan jeda tes tulis sama interview kalo ane baca2 ada sebulanan tuh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah tes, kira2 sebeluan setelahnya ada pengumuman siapa aja yg ke berhak lanjut wawancara . hasil tes tulis ato nilainya gk diumumin biasanya.. Klo pas saya dulu, stlah wwncara di ngisi dan submit dokumen2 lgi.

      Hapus
  11. senpai..

    apakah mata pelajaran untk ujian tertulis nya sebanyak itu(bio,eng.jpn,matA&b,phy.kimia,)
    dan brp rata2 nilai yang dimabil(lulus)

    sekian itu saja dari saya....
    mohon tanggapanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan tergantung program yg kamu ambil jga, beda program beda ujiannya. Untuk nilai saya gk tau, hanya panitia kedubes yg tau.

      Hapus
  12. assalamualaikum ka, doain yaa semoga saya lulus dalam beasiswa d2 tahun ini.. biar bisa ketemu disana hihi aamiin Ya Allah..

    BalasHapus
  13. untuk temen2 yg butuh pembahasan matematika d2 monbu 2013 silahkan cek di:
    http://rojstory.blogspot.com/2014/07/pembahasan-matematika-2013-d2-monbusho.html

    BalasHapus
  14. jadi untuk prog. d3 gak ada tes bahasa jepang sama bahasa inggrisnya kak ? hanya math sama physics ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. slain math sma physic, ada jga bhs inggris dan bhs jpng. Tpi dulu saya gk bisa bhs jepng dan cma isi nama masih bisa lulus..

      Hapus
  15. Untuk Soal Math Level A, apakah itu soal igcse o level? atau emg soal IGCSE O level?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya gak tau IGCSE. Dan soal mungkin gk selalu a math level, gk tau jga sih. Yg jelas belajar di soal2 tahun lalu itu pnting.

      Hapus
  16. Ka, tahun ini aku kelas 3 SMA

    aku mau nanya, kalo untuk penerima beasiswa ini umurnya dibatasin ya? Soalnya aku liat di web kedubesnya salah satu syarat program S1,D2,D3 itu ada ''tanggal lahir dari 2 april 1994 - 1 april 1999''
    Berarti yg 29 juni 1999 ga bisa daftar dong ka? :'(
    Atau setiap tahun ada perubahan syarat tanggal lahirnya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tiap tahun berubah kok rentang umurnya, tenang aja.

      Hapus
  17. Kak, sy mau bertanya lbh lnjut mengenai scholarship ini
    Please kindly email me at midahnur19@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  18. kak apa boleh saya minta email kakak? supaya kalau ada pertanyaan saya mudah :)
    terimakasih

    BalasHapus
  19. Kak, memang nya kk ambil Field of study apa?
    apa yang tergolong Senshu? krn aku liat di website MEXT dsitu katanya bhs.inggris dan bhs.jepang gk diujiankan, cuma math dan Physic? apa iya?

    BalasHapus
  20. apakah harus ada sertifikat bahasa? kayak TOEFL?

    BalasHapus
  21. Ka,apakah jlpt membantu kita lolos ujian tulis?

    BalasHapus
  22. Materi fisikanya apa aja senpai

    BalasHapus