Senin, 21 Januari 2013

Seleksi Dokumen Monbukagakusho

      Untuk post saya kali ini, saya akan menceritakan sekaligus memberikan yah mungkin informasi mengenai persiapan apa aja sebelum seleksi dokumen beasiswa monbukagakusho.
     Untuk persiapan seleksi dokumen, pertama kamu harus siapin apa aja yang dibutuhkan kedubes untuk melamar beasiswa ini , biasanya dokumennya itu berupa  :
      1. Fotokopi ijazah
      2. Fotokopi nilai ijazah
      3. Fotokopi rapot semester 2 kelas 3  (untuk pendaftaran tahun 2014 dst. sudah ditiadakan)
      4. Formulir pendaftaran
    Bagi kamu yang belum mendapatkan ijazah asli, sebaiknya minta dokumen sementara dari sekolah, dan jangan menunggu ijazah asli keluar, karena menurut pengalaman saya dulu, ijasah asli itu baru bisa keluar setelah pendaftaran beasiswa monbukagakusho itu ditutup. Dan saya sarankan juga jangan mengurus ijazah sementara ini dan dokumen-dokumen yang lain, mepet tenggat waktu pendaftaran, karena sekolah juga kan butuh proses untuk membuat dokumen itu.
    Untuk rapot itu menurut pengalaman saya itu harus fotokopian dari aslinya, jadi kalo misalkan sekolah kamu belum bagi rapot, sebaiknya kamu minta ke kesiswaan masing-masing sekolah untuk segera minta  rapot asli.
    Oh, iya kamu juga harus memperhatikan benar-benar nilai kalian yah kalo mau pilih program S1, D3, ato D2. Apakah rata-ratanya mencukupi atau tidak. Karena untuk seleksi dokumen yang dilihat kedubes adalah nilai ijazah dan rapot.
    Lalu biasanya yang jadi masalah itu adalah cara ngisi formulir pendaftaran. Saya juga sempat kesulitan untuk ngisi formulir pendaftaran. Tapi tenang, teman-teman bisa menggunakan referensi yang saya miliki untuk bisa mengisi formulir pendaftaran, ini dia :
      hal 1-4 formulir beasiswa monbusho

     Tips untuk seleksi dokumen mungkin jangan terlalu lebai memberikan alasan dalam memilih jurusan, misalnya saya ingin memilih jurusan x karena jurusan x sangat bermanfaat bagi perkembangan Indonesia dll. Satu lagi, yaitu  jangan isi bahasa indonesia di kolom other language.
      Oh iya,untuk tambahan, ketika kamu ngisi kolom email, pastikan email kamu itu aktif dan jangan buat alamat email yang susah-susah.
     Pengalaman saya dulu, karena email saya susah, yaitu kombinasi angka dan huruf, jadinya saya sering ketinggalan informasi. Karena pada saat pengumuman final nanti, pihak kedubes akan memberitahukan pengungumannya via email. Jadi saya sarankan, buatlah alamat email semudah / sesimpel mungkin, misalnya alamat emailnya kamu samakan dengan nama kamu.
    Kalo udah beres semua tinggal kumpulin deh ke kedubes, biasanya pengumumannya itu sebulan setelah tenggat waktu pendaftaran. Pengumumannya itu biasanya lewat website kedubes. Tapi, bukan berarti kamu leha-leha ya di waktu senggang sebulan itu. Karena menurut pengalaman saya setelah pengumuman seleksi dokumen itu kita hanya dikasih waktu 2 minggu untuk persiapan ujian tertulis. Sedangkan mungkin kalian juga tau seberapa ketat ujian tulis beasiswa monbukagakusho itu. Saya beri sedikit gambaran, dari sekitar 500 orang yang mengikuti ujian tulis nanti, hanya akan lolos sekitar 30 orang (data setiap tahun berubah. Untuk mengetahui data tahun sebelumnya, lihat website kedubes jepang) dan menurut saya waktu 2 minggu itu tidak cukup buat belajar.
   Tipsnya menurut saya adalah kamu harus nyuri waktu sebelum pengumuman seleksi dokumen, buat belajar. Terserah nyuri waktunya berapa lama, mau semingu, dua minggu atau sebulan. Kalo saya dulu nyuri waktunya gak tanggung-tanggung yaitu dua bulan sebelum pengumuman seleksi dokumen buat persiapan ujian tertulis. ingat MAN JADDA WAJJADA.
     Ya, saya tau, kalian bisa aja gak lolos di seleksi dokumen, dan usaha kita belajar mungkin jadi sia-sia. Tapi menurut saya, coba kamu tanamkan dalam pikiran kamu bahwa mempelajari sesuatu itu tidak akan rugi, mungkin ilmu yang kita pelajari sekarang tidak berguna, tapi yakinlah bahwa ilmu yang kita pelajari sekarang akan berguna di masa depan. Oleh karena itu, kamu gak usah takut kalo misalnya kalian gak lolos di seleksi dokumen, meskipun kalian udah belajar duluan buat persiapan ujian tulis.

184 komentar:

  1. Berarti sekarang kakak ditahap secondary screening ya? Fotocopy ijazah, nilai ijazah, dan nilai rapornya di legalisir kak? Terus ditranslete-kan ke b.inggris gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak udah dpt beasiswa nya dek, tinggal berangkat bulan april tahun ini.

      Kalo masih di thp ini.sih nggak di legalisir jg gpp, tpi kalo mau legalisir itu lebih baik.

      Kalo masih dlm tahap seleksi dokumen itu nggak usah di translate k b. Inggris. Yang di translate itu nanti setelah kamu lolos dari ujian tulis / wawancara.. ok.

      Hapus
    2. Kak mau nanya aku mau ikut beasiswa ini, tapi aku bingung sama nama di formulirnya , maksudnya tulis dalam "your native languange" itu dalam bahasa indo kan? , trs kalau nama yg dalam roman capital letters gimana?

      Hapus
    3. Kak mau nanya aku mau ikut beasiswa ini, tapi aku bingung sama nama di formulirnya , maksudnya tulis dalam "your native languange" itu dalam bahasa indo kan? , trs kalau nama yg dalam roman capital letters gimana?

      Hapus
  2. Oo gitu... Kakak ngambil program, dan jurusan apa kak? Selama di jepang, posting ya kehidupannya disana~ arigatou ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kk ambil program D3, klo jurusannya sih masih nunggu pengumuman dari pihak kedubes, tpi kk kemarin itu milihnya :
      pil.1 Electric and Elecrical Engineering.
      pil. 2 & 3 nya Mechanical Engineering

      Kalo masalah kehidupannya sih kyknya nggak perlu ya, soalnya kan udah banyak referensinya dari google, tpi untuk hal-hal penting sih, in shaa Allah akan kk post di blog ini.

      Hapus
  3. Tanya kk
    yang dimaksud dg "forokopi nilai ijazah" itu apakah fotokopi transkrip nilai atau cukup fotokopi ijazah bolak balik saja??
    insya allah tahun ini mau nyoba ikutan
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi yang udah keluar ijazah asli, Nilai ijazah itu udah termasuk sama ijazahnya, jadi fotokopinya itu bolak-balik.

      Hapus
  4. Kakak di les kan bahasa jepang dulu gak di jakarta sebelum berangkat sama monbusho nya? Bayar gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak kyknya dek, kita sama pihak kedubesnya itu cuma disuruh belajar bahasa jepang sebisa mungkin sebelum berangkat.

      Hapus
  5. makasih infonya kak, sangat bermanfaat :D
    Kebetulan nih aku ngubek2 nyari google yg dpet beasiswa monbukagakusho S1/D3 dari 2011 lalu ga nemu juga :")
    Ada twitter atau email gitu ga kak? biar aku gampang ngontaknya, soalnya banyak yg mau aku tanyain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, waktu kk ikut beasiswa ini, jg punya kesulitan yg sama kyk kamu, yaitu susah cri referensinya di google, maka dari itulah kk buat blog ini..

      kalo mau tanya, tanya aja di blog ini, in Shaa Allah kk berusaha selalu update blog ini, buat jawab pertanyaan2 kalian. ok

      Hapus
    2. iya kak, di google kebanyakannya yg S2 ._.
      sebelumnya makasih banget kak, udah bikinin blog buat kita kita yg nyari info beasiswa ini :))
      oya kak, angkatan kakak sekarang yang masuk S1 berapa orang?

      Hapus
    3. sama-sama, untuk keberangkatan 2013 :
      s1 = 4 orang ( 1 orang mengundurkan diri )
      d3 = 21 orang ( 1 orang juga mengundurkan diri )
      d2 = 20 orang ( 2 orang mengundurkan diri )

      Hapus
    4. wah kesempatannya kecil ya buat S1 -___-
      Itu yang IPS atau IPA kak?

      Hapus
    5. Kurang tau kk, pkknya jumlahnya segitu,,

      Hapus
  6. meninggalkan jejak,,,
    salam kenal, Rizky - D3 2013

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehh, kyknya kita kenal deh. ayo tebak siapa saya? haha,saya kasih klue deh, saya D3 2013 juga..

      Oh, iya, temen-temen yang baca blog ini, bisa nanya-nanya juga ke Rizky-D3 2013 ini yaaa,,

      Hapus
    2. eh lu mah, kan ceritanya belum kenal, haha

      Hapus
    3. sudahlah ky gpp, haha,

      oh iya, temen-temen yang mau tau blog si Rizky-D3 2013, saya kasih website nya nih ( isinya tentang monbusho juga loh), lumayan buat referensi:

      http://oonggaboong.wordpress.com/ (stay tune)

      Hapus
    4. *nimbruungg haha
      salam kenal juga, Ayu D2 2013 :D

      Hapus
    5. Hai ayu, salam kenal haha :D
      Eh, blog kamu udah aku promosiin loh di blog ini, hehe,,
      Coba liat di bagian epilog, klo gk percaya hehe,,

      Hapus
    6. Halo halo.. Tamara S1 2013. hahaha
      makasih loh blognya udah di promosiin :*

      Hapus
    7. Sama-sama Tamara, , hehe
      Oh iya, mungkin usul aja nih buat Tamara, coba donk di blog nya kasih tips2 biar dapet S1 monbusho, secara S1 kan paling ketat seleksi nya, sekedar buat referensi aja buat kohai2 yg mau daftar beasiswa ini,,
      Thanks..

      Hapus
    8. hmm, bagus juga tuh idenya. coming soon ya :D
      emg rencana bakal nulis macem-macem yg berhubungan ttg monbu, tp msh dalam proses, hehehe

      Hapus
  7. Yeey! Banyak referensi :D
    ngomong2, kakak waktu diwawancarai ada nggak ditanya gini "setelah kuliah di Jepang, apakah kamu akan kembali ke Indonesia? Apa selanjutnya yang akan kamu lakukan?" kalo ada kakak jawab apa? Sorry banyak nanya kak ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, seinget kk sih nggak di kasih pertanyaan kyk gitu, tpi menurut pengalaman kk, pertanyaan itu tiap orang itu bisa beda-beda.

      tapi menurut cerita dari temen2 yang dapet beasiswa ini sih, target wawancara itu pokoknya jujur, realistis, dan tidak ragu.

      so, nanti kalo dapet pertanyaan itu, jawab aja pertanyaan itu sesuai apa yang kamu pikirkan dan kamu rencanakan kedepannya dan jangan lupa jujur, realistis dan tidak ragu..

      Hapus
  8. semacam kerennnnnnnn.. sugoi :D
    saya jadi kepengen ikut Monbukagakusho .. but afraid a bit.. takut ga lolos==

    BalasHapus
  9. Permisi kakak,moga-moga di baca deh postingan saya
    saya mau mencoba ambil jurusan ekonomi S1 di jepang (bakal recommended gak ya belajar ekonomi di jepang?)

    saya masih sangat bingung pada bagian dokumen aja sih,apa lagi soal surat rekomendasi dari sekolah (kebetulan saya mahasiswa D3-keuangan semester 2)

    Apakah dalam ujian tertulis terdapat nilai PG seperti di indonesia?

    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm, kalo jurusan ekonomi kk kurang tau, tpi kalo s1 itu ada jurusan2 ips, tpi kurang tau ada ekonomi ato nggak, kalo soaln2 tergantung mata pelajarannya sama programnya, kalo kk dulu pilih d3 elektro itu soalnya essay semua

      Hapus
  10. Subhanallah, setelah aku cari-cari ternyata ketemu juga blog yang detil nerangin beasiswa ini.
    Thanks ya ka, doain aku biar bisa lolos:)
    Bermanfaat banget sumpah! Aaaaaaaaarrrgh..
    Keren gilaahh hahahaha
    Oh iya ka, sistem perhitungan soal benarnya kata di SBMPTN ga gituh yang pake plus minus?
    Ciyeee yang lagi di Jepang..
    Tahun depan insya Allah giliran nsaya dan teman-teman yang kesana *AMIN YAA ALLAAAAHH*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masalah penilaian sih, kyknya gk ada sistem plus minus, paling poin per poin nilainya..

      Hapus
  11. kak aku mau tanya, bagi yg belum punya ijazah keterangan dari sekolah itu berupa apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, krna sistem tahun ini agak beda, jdi surat keterangan dri sekolah bisa berupa skhun aja, beda ama tahun2 lalu, yg wajib nyetor nilai Ujian Akhir Sekolah,,

      Hapus
  12. Kak, biasanya yang lolos seleksi dokumen yang rata2 nilainya berapa sih kak? kalo boleh tau nilai kakak pas daftar berapa? hehehe saya daftar program D3 taun ini. Tq :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tau kalo nilai rata2nya kalo buat lulus seleksi dokumen. Pihak kedubes nggak pernah memberitahu soal itu,,
      Kk udah lupa jga rata2nya berapa, hehe

      Hapus
  13. Kak, tahun ini formulirnya beda sm yang di atas, jadi bingung.. formulirnya pake b.ind. emang beda atau gmn?:|

    BalasHapus
  14. Kak formulirnya beda nih, takut jgn2 ada sesuatu yang salah:|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada yg salah kok, kalo tahun lalu form kyk diatas, cma kalo tahun ini baru lagi formulirnya,,

      Hapus
  15. kak mau tanya formulir pendaftaran itu dapatnya dimana??saya udah register tapi kok cuma dikirimin ke email data pendaftar aja....
    tx kak infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Form diatas untuk sistem pendaftaran untuk tahun kemarin. Karena sistem tahun ini berubah menjadi sistem online, mungkin form di atas sudah tidak dipake lagi,,
      Tolong masalah form jgn di permasalahin ya, karena form bukan penilaian kalian untuk lolos seleksi, jdi nggak usah khawatir,,

      Hapus
    2. oh ya makasih ya kak....
      gimana kak daily life disana???
      insya allah mw daftar ni...tapi msh fight bwt SBMPTN...
      oh ya kak kalo kita milih jurusan disana pasti dapat jurusan pilihan kita gak???
      mkasih kak:)

      Hapus
    3. Daily lifenya asik, biasanya yg keterima disini sih pada sesuai jurusan yg kita pilih pas di indonesia

      Hapus
  16. hai kak saya mau tanya nih ini pendaftarannya sekitar bulan apa ya di sma kelas 3?
    kalo engineering soal-soalnya susah/mirip SMA?
    dites bahasa jepang gak ya?
    kalo engineering yang dites math, eng, physic, apalagi?
    oh quota yang diterima kira2 berapa ya di S1? quota S1,D2,D3 beda2?
    terimakasih ya kak :D

    BalasHapus
  17. oh ya kak kenapa pilih d3? hehehe kenapa gak s1 aja? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru buka blog, mungkin telat ya jawabannya,,
      1. Pertanyaan kamu sebenernya udah ada jawabannya sebagian di blog ini, trus sebagian lagi ada di web kedubes, coba silahkan buka, disana infonya lengkap,, www.id.emb-japan.go.jp
      2. Kenapa milih d3, ini jga sudah dijelaskan di blog ini
      http://iruhamu-san.blogspot.jp/2013/01/pilih-program-s1-d3-atau-d2-ya.html?m=1

      Hapus
  18. halo kak, blog kakak membantu sekali :D
    oh ya kak, kalau kita lulus SMA, ngambil d3 seandainya lolos seleksi, itu masa studi berapa tahun kak?

    BalasHapus
  19. mbak, maaf mau tanya, saya kan lulusan smk thn 2012 tapi saya belum kuliah, apakah saya masih bisa ikut daftar beasiswa tsb. tahun depan ? trim’s

    BalasHapus
  20. met pagi kk mau tanya nih kk tadi kan kk bilang kalo ijazah asli belum keluar kita musti ngurus dokumen sementara buat mendaftar lalau kenanapa kk bilang "Dan saya sarankan juga jangan mengurus ijazah sementara ini dan dokumen-dokumen yang lain, mepet tenggat waktu pendaftaran, karena sekolah juga kan butuh proses untuk membuat dokumen itu" lha sedangkan kk nilang ngurus yang sementara maksudnya apa kk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu pendaftaran monbusho itu, biasanya pas Ijazah asli belum keluar, jdi hrs ngurus dok. Smntra. Nah, ngurus dokumen itu jgn mepet2 waktu penutupan pendaftaran monbusho, itu maksudnya

      Hapus
  21. kak, apa harus bisa mengerjakan semua soalnya? dan apa harus beserta coret-coretannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo bisa, pngen nilai bgs, mending kerjain semua, tpi gk wajib. Klo coret2an kyknya gk ngaruh deh.

      Hapus
  22. kak-kak, surat keterangan dari sekolah dan ijazah (SKHUN) berbahasa Inggris itu gimana contohnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo itu sih saya dulu sudah dibikinin sekolah. Jdi lirang paham jga sih.

      Hapus
  23. kak bisa minta kontak kakak yg bisa dihubungin?

    BalasHapus
  24. Dear Iruhamu-san,
    Aku juga lagi mencoba untuk dapatin beasiswa monbukagakusho ini. Blog kamu pas banget dgn aku lg galau mengisi formulir D2..
    Oh ya di form yg kamu jelaskan bilang, kalau sudah masuk universitas 1 tahun, juga harus dimasukkan nama universitasnya. Aku sekarang lagi magang, semester 4, tapi untuk graduate kemungkinan bulan mei/juni 2015, tapi kalau aku dapat beasiswa ini aku akan pilih ke Jepang.
    Pertanyaanku, kalau aku masukkan universitasku ke formulir, tapi kedubes tahu aku belum graduate, apakah mereka masih bisa memproses lamaran beasiswaku itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah masih bisa, selama syarat umur masih memenuhi.

      Hapus
  25. hallo kak, kenalkan namaku Resky,
    alhamdulillah setelah cari" dpet jga, kak aku mau tanya bolehkan? aku rencananya tahun ini mau mengikuti beasiswa monbukagakhuso ini tapi aku tidak mengerti bahsa jepang, apa saat wawancaranya ditanya menggunakan bhasa jepang? dan bahsa inggris ku juga nggak bagus" amat, menrut pnggalaman kakak wktu itu bgaimana?

    BalasHapus
  26. Selamat malam kak, kalo boleh tau waktu ngisi reason of field,planning of field, impression, & rencana stelah lulus apa aja ya, mungkin bisa jadi referensi, kalo privacy kirim ke : (lunaramadanti@yahoo.com)
    Thanks ka

    BalasHapus
  27. kak status yang bahasa English, Japanese yang "Excellent, Good, Poor" itu buat perhitungan atau cuman di wawancara doang ??

    BalasHapus
  28. Kaka udah di jepang kah sekarang?? Hehe...
    Kira kira tuk ujian tertulis yg d 3 kaka bisa ngasih beberapa referensi gak?? Tahun ini aku mau apply yg d3 nih ka...

    BalasHapus
  29. Kak, kalau namanya ada 3 kata, tapi gak ada nama keluarganya, pada form nomer 1, first name (1), middle name (1&2) begitu?

    BalasHapus
  30. kak tahunkakakkira" yg ikut seleksi berkas berapa ribu orang kak? terus prodi yang dipilih itu juga ikut menentukan kelolosan berkas itu g kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap tahun sekitar 5000 orang yg ikut seleksi. Waktu itu tahun angkatan saya ada 8000 orang. Kyknya produ yg dipilih gk nentuin kelulusan deh.

      Hapus
  31. Mau tanya kak, untuk yang tahun sekarang kan pemberkasannya (sesuai yg tertera di web-nya):
    -formulir aplikasi yang sudah diisi *wajib*
    -lembar printout konfirmasi registrasi online yang berisi [Kode Registrasi] *wajib*
    -fotokopi Ijazah/Ijazah sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah *wajib*
    -fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah *wajib*
    -fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) *bagi yang ada*

    Perlukah saya melampirkan fotokopi legalisir raport dan atau fotokopi sertifikat-sertifikat/piagam prestasi juga?
    Lalu kalau sekolah belum mengeluarkan SKHUN bagaimana? Akan tetapi sekolah sudah mengeluarkan surat keterangan kelulusan sementara (yang berisi nilai UN dan UAS) Apakah menggunakan fotokopi surat sementara itu saja lalu di legalisir?

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sertifikat tidak berpengaruh. Surat keterangan kelulusan sementara yg dilegalisir aja sepertinya udah cukup

      Hapus
  32. kak saya mau mendaftar monbukagakuho, bulan ini mulai pendaftaran. tes tulis & wawancara itu wajib bhs inggris ya kak? tes tulis jurusan IPS itu model soalnya kyk gimana? Thanks kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wawancara kdng bhs inggris kdng bhs indonesia. Sya waktu itu pke bhs indonesia. Maaf tes tulis jrsn ips saya gk tau

      Hapus
  33. permisi kak, saya pnya beberapa pertanyaan :
    1) utk tahun 2014 ini, apakah aturannya masih sama, yaitu utk seleksi dokumen, semua ijazah, raport, skhun, dll TIDAK PERLU ditranslate ke bhs. Inggris?

    2) utk mendaftar D2, kan di file PDF "Field of Study" nya disediakan beberapa jurusan studinya. Tapi, ada juga kolom "Other Fields/Subject". Kebetulan, jurusan yg saya mau ada di kolom "others" itu. Bagaimana caranya saya tahu kalau jurusan yg sy pilih tersedia atau tidak?

    BalasHapus
  34. oya ka mau tanya, di kolom other language ga boleh ngisi bahasa indonesia? lalu di isinya apa?

    BalasHapus
  35. kak mau nanya nih yang menjadi pertimbangan dalam seleksi dokumennya tuh apa aja sih?

    BalasHapus
  36. kalau saya isi D2 tapi cuma pilih desain doang pas option keduanya saya nggak pilih apa" itu gapapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya gk tau klo misalkan cma milih satu jurusan doank.

      Hapus
  37. kelewat informasi tahun ini jadi nunggu registrasi 1 tahun lagi :'3 saya udah kuliah, jadi yg dimaksud surat keterangan dari universitas itu apa ya kak? trus pilihan saya tuh melenceng jauh banget dari jurusan saya sekarang gak apa2 kan? trus klo sma-nya ipa tapi milih beasiswa buat ips boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya klo smanya ipa hrs pilih ipa, krna matpel un sama rapotnya kan ipa. Tpi kurang tau jg sih, slama ini sy kurang tau info yg dri ipa ke ips

      Hapus
  38. Misi kak,
    Mau tanya, kalo sertifikat penghargaan diikutsertakan, ngaruh ga ya?
    Trimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk ngaruh kok. Mending gk usah diikutsertakan

      Hapus
  39. kak,ikut nanya, ngirim dokumennya bagus lewat pos atau langsung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo menurut saya lebih bagus dikirim langsung, krna nanti bisa diperiksa kalo2 ada dokumen yg kurang sma pihak kedubes.

      Hapus
  40. terima kasih kak atas info nya
    saya mau tanya, kalo D3 itu jurusannya teknik aja? atau bisa pilih?
    makasih, maaf baru akhir2 ini saya nyari info ttg beasiswa monbu jdi baru nnya skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. D3 sih rata-rata teknik, tpi bisa milih, ada teknik kimia, elektro, mesin, arsitek, ato perkapalan

      Hapus
  41. postingannya sangat membantu kak ^^
    saya mau tanya kak, untuk pengisian field of study, misal saya minat ke Forestry, lha yang saya tulis di bagian field of study itu "Agricultural studies - Forestry" atau "Natural Science B - Forestry" atau "Forestry" aja atau ditulis lengkap "Natural Science B - Agricultural studies - Forestry" kak? mohon bantuannya karena saya cuma bingung utk pengisian bagian itu
    terima kasih kak ^^

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum
    Mau nanya kak, maksud dari isi nama dg roman capital letter apa ya?sy bingung bgian ini..rencana sy apply bulan ini kak.mohon pencerahannya.Terimakasih

    BalasHapus
  43. Kak nama saya Ragil Achmad Soddiq, cara penulisan namanya bagaimana ya? Apa Soddiq nya di taruh di family name?
    Soddiq nya bukan nama keluarga tapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Family name gk usah diisi. Krna biasanya orng indonesia gk punya nama keluarga

      Hapus
  44. kak bisa minta tolong kirimin formulir pendaftaran yg udah diisi gak? buat referensi aja ^^ ini kesempatin terakhir saya buat daftar, jadi gak pgn sampe ada yg keliru. pliss ya email ke ikrampratamaputra@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya gk punya formulir yg udah diisi.

      Hapus
  45. kak, waktu ngisi formulir pake tulis tangan atau diketik? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terserah aja sih mau tulis tngn ato ketik, tpi mnrt saya klo di ketik lebih rapih.

      Hapus
  46. Haloo Salam kenal kak. Lagi mau nyoba buat daftar D3 di tahun 2015 sekarang. Mohon bantuannya juga. :)

    BalasHapus
  47. kak mau tanya, sekolah saya ijazah dan skhu sementaranya jadi satu, kira" jadi masalah ngga ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyknya gk masalah deh. Cb tnya ke phk kedubes aja.

      Hapus
  48. Kak, kalau mengisi nama sma di formnya pakai "SMA Negeri x" atau bahasa inggris? Lagi mau ikut seleksi berkas tahun ini nih hehe terimakasih:)

    BalasHapus
  49. Diisi pke bahasa inggris aja, misalnya kyk X senior high school.

    BalasHapus
  50. Kak Mau nanya. wktu ngisi registrasi online kan ada diminta Nilai rata-rata. itu maksudnya apa ya kak. Kok ada dsuruh pilih 8,9,10?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu nilai rata-rata kamu, berkisar 8, 9 ato 10.

      Hapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. kak tes tulis nya itu gimna sih ? makasih kak :)

    BalasHapus
  53. Assalamu'alaykum ka,
    Mau tanya..
    Kira2 tulisan tangan saat ngisi formulir itu pengaruh ga yah ka..misal yang tulisannga naik turun itu artinya kaya gimana...gituh
    Mohon balas yah ka, makasih
    Wassalamu'alaykum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam, tulisan tangan seperinya gk ngaruh deh kyknya, yg penting isinya bagus, sama bisa kebaca kali ya..

      Hapus
  54. Ka waktu wawancaranya itu wajib pake bahasa inggris ya ka??
    Soalnya kemampuan speaking aku jelek bgt.
    Sama diminta sertifikat TOEFL/TOEIC gk nanti ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung yang ngewawancara sih, dulu saya pke bhs indonesia, tpi saya denger dari angkatan2 bawah, wawancaranya pke bahasa inggris. Mulai dri sekarang latihan aja speaking nya. Sertifikat TOEFL/TOEIC gk diminta kok.

      Hapus
    2. Ka ada punya akun sosmed gk? Biar enak aku tanya" masalah monbu

      Hapus
  55. Pengen tanya nih. Kalo lulisan S1 itu harus sediain ijazah sekolahnya atau sertifikat kuliahnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lulusan s1, biasanya ikut program research student(s2,s3). maaf kurang tau kalo program ini.

      Hapus
  56. Kak mau nanya, itu kan di formulirnya ada diminta kemampuang banhasa inggris dan toeflnya, itu diminta bukti dengan sertifikat apa enggak? Atau hanya menurut kita sendiri? Dengan nulis excellent/ good aja cukup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya dulu nggak sih, cukup penilaian kita sendiri aja dengan nulis good / excellent.

      Hapus
  57. Kak mau nanya nih, kalo untuk ijazah sama rapot itu dalam bahasa indo atau harus ditranslate bahasa inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk tahap awal pas seleksi dokumen sih gk perlu di translate, tpi nanti pas udah lolos tes tulis dan suruh ngumpulin dokumen, nah baru itu di translate..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. raport yg ditranslate di dapetkan dari mana kak ? diurus sekolah masing masing ya ?

      Hapus
    4. sebenarnya pendaftaran dari angkatan 2014 dan seterusnya udah gk pake nilai rapot lagi, jadi gk usah khawatir ttg rapot. untuk lebih jelasnya cek website kedubes jepang ya.. soalnya ketentuan beasiswa setiap tahun itu bisa berubah..

      Hapus
    5. hahhaha thanks you kak atas infonya ...

      Hapus
  58. kak numpang nanya ....pengiriman dokumen harus di kedubes jakarta y ? gk ke konsultat masing masing tiap daerah...mohon balesannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya langsung ke kedubes Jakarta..

      Hapus
    2. berarti harus via kantor pos dong kak ? oh iya surat lamarannya harus dikirim juga ya ?

      Hapus
    3. untuk yang rumahnya jauh dari kedubes bisa via kantor pos, tapi kalo yg rumahnya di daerah Jakarta lebih baik antar langsung, supaya bisa di konfirmasi sama pihak kedubes kalo ada dokumen yg kurang. Mengenai apa aja yg harus dikirim liat web kedubes ya...

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. hahaha iya kak memang jauh kali ....saya tinggal di medan...surat lamaran juga termasuk kan kak..? oh iya surat lamaran harus dlm bahasa inggris kah ? sorry kak saya banyak tanya kali...wkwk

      Hapus
    6. surat lamaran? maksudnya formulir? klo formulirnya dalam bhs inggris, ya kita tulis datanya dengan bhs inggris jga..

      Hapus
  59. Ka mau nanya, utk isi formulirnya pake bahasa inggris atau indonesia ? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake bhs inggris, soalnya nanti bakal ada pengisian dokumen lagi pas seleksi / proses wawancara..

      Hapus
    2. jadi begitu juga alasan pilih jurusan yang ada 3 kolom itu..harus dalam bahasa inggris....?

      Hapus
    3. Ka kl cth saya sudhamenjadi mahasiswa, tp kan blm 1 thn nih.. itu jd isi d bagian pendidikan gimana? Sebutin brp bulan gt? Atau brp bulan per april 2017 ?

      Hapus
    4. biasanya sih, kalo lulusan sma tahun ini, daftar besiswa tahun ini, dan baru kuliah bbrp bulan sih, gk usah diisi, cma untuk lebih jelasnya bisa tanya ke kedubes..

      Hapus
  60. Kak mau nanya, fotokopi nilai ijazah itu gimana kalo saya belum punya ijazah asli

    BalasHapus
    Balasan
    1. bias pake ijazah sementara yang dilegalisir dari sekolah. coba urus aja di bag. kesiswaan sekolahmu.

      Hapus
  61. kak klo misal monbu kita pilih jurusan IPS perlu JPLT ngak kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jurusan s1, iya perlu JLPT N3 ke atas,kalo nilai UN dibawah 8.4

      Hapus
    2. oo berarti pilih IPS walaupun nilai UN mencukupi wajib ada JPLT jg ...

      Hapus
    3. kak boleh nanya teknik elektro kerja nya dibidang apa y,...
      monbu ada jurusan Programming atau design gk kak...gk ada diwebsitenya kedua jurusan ini ...

      Hapus
    4. kalo mencukupi syarat UN mencukupi ya gk perlu JLPT. teknik elektro, klo denger2 dri temen2 jepang saya yg lgi cari kerja sih, itu ada yg di bag. produksi, bisa jg di bidang development, atau system. Programming kyknya masuk information engineering. cuma kalo design kurang tau sih, mungkin untuk S1 gk ada design. tpi kalo emang pengen jurusan design kyknya ada di program d2

      Hapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. kak pernah buat JPLT gk...soalnya rencana mau buat JPLT..nilai UN 79.8 kak... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengenai info pendaftaran jlpt dll. di luar jepang bisa liat web ini

      http://www.jlpt.jp/e/application/overseas_index.html

      Hapus
    2. ok kak tq..perlu skhu dan ijasah dlm bahasa english gk

      Hapus
    3. apa itu first test dan second test

      Hapus
  65. Kak kalo semua dokumennya udah terus dimasukinnya ke amplop atau map atau gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukin ke amplop, trus kirim ke alamat kedubes Jakarta via pos, ato kalo rumahnya deket sama kedubes mending antar langsung ke kedubes. info lengkapnya ada di web kedubes..

      Hapus
  66. ok tq kak punya saran buat buku belajar buat JPLT n 4 yg ada cara baca dan minim english pun ada kak..pusing nyarinya semua pada kanji dan hiragan tak ada bahasa english dan cara bacanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa coba cari buku minna no nihonngo

      Hapus
    2. minna no nihonggo ..itu ada yg khusus JPLT n 4 gk kak ..sorry banyak nanya

      Hapus
    3. ada kok, kalo menurut web ini (http://taiken.co/single/study-study-study-preparing-to-pass-the-jlpt-n4-exam)

      Hapus
  67. Kak saya kan udah buka web nya kedubes Buat seleksi dokumen harus ada fc ijazah asli/ sementara, skhun asli/sementara. Nah masalahnya saya punyanya cuma skhun sementara kak dan sekolah gk ngasih ijazah sementara, klo pke surat ket lulus bisa gk kak? Saya takut kak soalnya tertulis klo dokumn gk lngkap gk akan diproses

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting di surat ket lulusnya itu tertulis nilai UN, sama nilai sekolah. Kalo ada dua nilai itu, sama ada ket kalo kita lulus itu udah cukup kok sebagai ijasah sementara..

      Hapus
  68. Sama kayak yang diatas pertanyaannya, kalau dari sekolah cuma ngasih skhu sementara tanpa ijazah itu bagaimana kak?
    Mohon balasannya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta surat ket lulus yang tertera Nilai UN sama Nilai Sekolah aja..

      Hapus
  69. Dear kak,

    Untuk surat keterangan lulus apa harus mencakup nilai UN dan Nilai Sekolah? Soalnya SKL milik saya hanya tertera nilai UN saja. Apakah dokumen saya masih bisa di proses?

    OH ya kak, walau persyaratan minimum untuk D3 tapi yang lolos tahap screening yang nilainya 85 ke atas kah? :O

    Terimakasih kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehm, kurang tau juga ya, patokan saya sih karena ijazah asli itu kan ada nilai sekolah sama nilai un, jadi kalo buat ijazah sementara ya formatnya kurang lebih sama (ket. lulus, nilai un, nilai sekolah). Masalah masih bisa diproses ato nggak kurang tau jga, coba kamu tanya via telp / email ke pihak kedubesnya aja.

      persyaratannya sih emang harus diatas 8. tpi belum menjamin jga kalo diatas 8 itu pasti lulus tahap screening.

      Hapus
  70. Kak, sekolah saya tidak mau mengeluarkan ijazah sementara. Jadi saya cuma punya skhu sementara. Di skhu sementara saya sudah terlampir nilai rapot, nilai un, dan nilai ujian sekolah. Jadi, sebaiknya saya hanya mengirim fc skhu saja atau bagaimana? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bilang aja mau daftar beasiswa butuh ijazah sementara. sebaiknya harus punya ijazah sementara (ket lulus, nilai un, nilai sekolah) karena kalo nggak lengkap, takutnya pihak kedubes gak mau proses.

      Hapus
  71. bisa tidak pengiriman S1 dengan D3 Bersamaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak bisa, di web kedubes tertulis pelamar hanya bisa memilih 1 program saja s1/d3/d2. kecuali pengiriman s1 dan d3 nya beda orang. kalo beda orang / beda pelamar sih, dikirim bareng sih gk masalah

      Hapus
  72. kak..perlu gk monbu tar raport dan SKHUN yg ditejermahkan dalam bahasa english

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu nanti pas tahap wawancara, kyk bakal ada pengumpulan dokumen. tahap awal sih gk perlu.

      Hapus
    2. sebagai tambahan rapot sudah gak perlu lagi untuk pendaftaran tahun ini.

      Hapus
    3. jadi misal Tahun depan saya ikut kak..soalnya blum ada JPLT dan nilai UN gk cukup,jadi perlu donk sekarang nyiapin SKHUN english sekarang ? soalnya kan bakal susah kalau TAhun depan buatnya

      Hapus
    4. nggak susah kok, nanti bakal ada format dri kedubes, trus kita tinggal isi aja, nanti pihak sekolah tinggal cap basah, udah.

      Hapus
  73. kak di website mext itu ada syarat dokumen sampai max tgl 9 juni (bukan cap pos) nah itu berrti dok nya harus dikirim langsung atau bagaimana kak? soalnya lokasi sy diluar prov.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi dokumen itu bisa dikirim lewat pos, cuma maksudnya max tgl 9 cukan cap pos itu, kamu gak boleh ngirim dokumen via pos pas tgl 9 itu, karena pasti dokumennya itu nyampe lebih dari tgl 9. jadi, kalo mau ngirim via pos pastiin waktnya biar dokumen bisa sampe kedubes sebelum / pas tgl 9.

      Hapus
  74. kak aku udh dapet form aplikasinya. disitu ada given name sama middle name, nah kalo nama aku Annisa Rezky berarti Annisa itu sebagai Give name dan Rezky sebagai Middle name ya?

    terus untuk pengisian lebih baik di ketik atau tulis tangan ya?
    satu lagi hehe di instruction nya dibilang Use arabic numerals, tapi di post-an kakak tentang tata cara pengisian formulir diisi pake angka biasa, bukan angka arab. aku jadi bingung :( mohon bantuannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ttg masalah name, bisa dua2nya. tapi kalo ribet mending di bag. given name tulis nama full kamu aja gk masalah. kalo saya sih lebih prefer di ketik, supaya lebih rapih. ikutin petunjuk bhs indonesianya aja. itu reference asli dri kedubes kok..

      Hapus
  75. Kak saya ingin bertanya
    Yang bagian pengisian field of study itu saya masih bingung pemilihan key wordsnya, itu untuk apanya ya kak?

    Terimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi pas bag itu, kamu isi field study sama major element nya aja, key words itu cuma penjelasan apa2 yang bakal kamu pelajari pas nanti kamu dapet jurusan itu.

      Hapus
  76. assalamu'alaikum.. kak, saya mau nanya.. tes nya kan ada bahasa jepangnya. tapi pengetahuan saya tentang bahasa jepang itu big 0. solusi nya gimana kak? apakah saya harus les bahasa jepang dulu dan coba daftar lagi tahun depan? makasih kak.. tlong dibantu ya.. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk masalah klo gk bisa bhs jepang, nanti kan bakal setahun bljr bhs jepang. saya dulu pas tes bhs jepang cuma tulis nama doank, gk jawab soal satu pun, tpi ttp bisa lulus kok. tenang aja.

      Hapus
    2. wah gitu ya.. makasih banyak kakk.. ����

      Hapus
  77. Kak setelah aku baca2 kok banyak dari penerima monbu yang jurusan ipa(teknik,farmasi,biologi) kalaupun ips mungkin yang jurusan japanese doang. Bisa jelasin kak? Makasih

    BalasHapus
  78. kak numpang nanya y...klo nilai UN gk cukup kan pake JPLT ...harus ujian bahasa jepang kan kak...����..sesuai bahan JPLT y ����

    BalasHapus
  79. owh ya..yg diujikan cuman kanji kah ���� hiragana dan katakana ikut gk ����

    BalasHapus
  80. Kak klo saya mau ngambil prodi desain, bisa ikut beasiswa D2 monbukagakusho?
    Apakah kakak2 senior ada yang sudah mendapatkan beasiswa monbukagakusho dengan mengambil prodi Desain?
    Terimakasih😊

    BalasHapus
  81. Kak klo saya mau ngambil prodi desain, bisa ikut beasiswa D2 monbukagakusho?
    Apakah kakak2 senior ada yang sudah mendapatkan beasiswa monbukagakusho dengan mengambil prodi Desain?
    Terimakasih😊

    BalasHapus
  82. ka, mau tanya, kalo daftar monbu itu, nanti nya harus daftar univ. jepangnya lagi ga? atau bakal ditentuin pihak sananya?

    BalasHapus