Kamis, 21 Maret 2013

Resign Kuliah Setelah Pengumuman Final Beasiswa Monbukagakusho

Nah, kali ini saya hanya memberitahu sedikit informasi penting pasca pengumuman final beasiswa Monbukagakusho ini.

Oke, mungkin temen-temen akan bertanya, apa sih yang akan dilakukan setelah keluar pengumuman final? apa langsung berangkat ke jepang ? tenang, sabar dulu. Temen-temen nanti nggak langsung terbang ke Jepang, melainkan harus menunggu sampai sekitar awal bulan april. Nah, temen-temen nanti juga akan mempersiapkan keberangkatan seperti mengurus paspor, visa dll. 

Tapi, pada postingan kali ini, saya nggak akan bahas mengenai kegiatan apa saja setelah pasca pengumuman final monbukagakusho. Yang jelas, nanti buat yang dapet beasiswa ini bisa merasakan sendiri kegiatannya apa-apa aja.

Terus, yang biasanya jadi pertanyaan adalah bagaimana dengan kuliah di Indonesia. Saya yakin, temen-temen disini, rata-rata kalau udah sampe tahap pengumuman final ini, mesti udah kuliah di Indonesia, minimal baru semester 1.

Menurut pengalaman saya, mau nggak mau, kalian yang udah dapet beasiswa ini, harus resign dari kuliah kalian di Indonesia. Sebab, kalian akan tinggal di Jepang itu 3 tahun untuk D2, 4 tahun untuk D3, dan 5 tahun untuk S1. Sedangkan, cuti kuliah di Indonesia itu maksimal 2 tahun. So that's why you should resign from your collage.

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah kapan sebaiknya untuk berhenti kuliah. Nah, itu terserah kalian, mau resign setelah keluar pengumuman final  atau mau resign sebelum keberangkatan pun juga gak apa-apa.

Trus, pertanyaan selanjutnya biasanya adalah apakah tidak apa-apa resign kuliah setelah pengumuman final keluar. Ya, saya jawab tidak apa-apa. Meskipun, setelah pengumuman final itu, kalian belum mendapatkan informasi dimana sekolah yang akan kalian tempati, tetapi overall resign di awal-awal setelah pengumuman final keluar itu gak apa-apa. Toh, pada akhirnya kalian juga akan resign dari tempat kuliah kalian di Indonesia.

Kenapa saya jawab demikian, karena saya sempat meneliti kata-kata yang ada di pengumuman final tersebut, lalu saya bandingkan dengan pengumuman final program research student. Ini dia :




Coba, temen-temen perhatikan point yang ke 3 masing-masing program. Disitu akan terlihat perbedaannya. Untuk Program S1, D3 & D2, tidak memiliki kemungkinan untuk tidak diterima di universitas atau collage di Jepang nanti. Sedangkan untuk Program Research Student, masih memiliki kemungkinan mereka tidak diterima di universitas, sehingga beasiswa untuk program Research Student dapat dibatalkan apabila mereka tidak diterima di universitas manapun. 

Kesimpulannya, untuk Program S1, D3 & D2, hampir dapat dipastikan bahwa semua penerima besiswa Monbukagakusho bakal dapet sekolah di Jepang nantinya. Jadi, Bagi kalian yang mau resign kuliah di Indonesia pasca pengumuman final Monbukagakusho itu tidak perlu khawatir. Beasiswa kalian nggak akan dibatalkan selama visa kalian sesuai dengan yang di syaratkan.

 Nah, pernyataan saya ini, saya buktikan sendiri. Saya resign kuliah di awal-awal pasca pengumuman final beasiswa Monbukagakusho dan ternyata memang tidak memiliki perbedaan, baik yang resign di awal maupun yang resign belakangan. Pertimbangan saya dulu resign di awal, karena saya ingin belajar bahasa jepang dulu 3 bulan di Indonesia, secara bahasa jepang dulu saya masih sangat basic, hehe. 

Bahkan ada loh, yang udah resign dari pasca seleksi wawancara gara-gara dia pengen belajar bahasa jepang dulu di Indonesia ( kalau yang ini menurut saya terlalu berani ) ( bisa aja kan dia nggak dapet beasiswanya, sementara dia udah resign duluan ) dan menurut saya tindakan yang ini jangan dicontoh ya,, 

Saya rekomendasikan untuk resign itu waktunya antara pasca pengumuman final sampai sebelum keberangkatan ( kalau mau aman ).

Sekian, semoga bermanfaat..

50 komentar:

  1. misi gan,
    tapi saya mau tanya,
    kesempatan anak lulusan SMA 2012 untuk apply ulang Monbukagakusho 2014 ada ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa,
      Untuk keberangkatan tahun 2013 aja, ada yang dari lulusan 2011

      Hapus
  2. mau tanya dong kaka. program d3 nya ada yg ke jurusan kesehatan ngga? nanti bisa lanjut ke s1 jurusan kesehatan jg ngga yah? info di situs kedubes kurang lengkap. hehe thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, setelah saya liat untuk D3 nggak ad yg jurusan kesehatan, kalo mau.
      Paling ada D2, itu jg jurusannya keperawatan

      Hapus
    2. sebenernya niatnya mau ambil kedokteran, tp denger cerita ka tamara (yg dapet S1) itu jg rada minder :''
      kaka nilai rata-rata rapor dan UNnya berapa?

      Hapus
    3. Kk lupa rata2nya, pkknya dua-duanya diatas 8

      Hapus
  3. permisi kak, mau numpang tanya..
    bagaimana peluangnya untuk applicant yang mau daftar buat S1 kedokteran? kalo baca dari beberapa sumber dari senpai2, termasuk Kak Tamara, dan ada sumber lain juga, kayanya yang milih S1 Kedokteran itu bakal sulit kemungkinannya buat ditempatin di kedokteran juga di jepangnya..padahal saya udah sehidup semati sama jurusan kedokteran. Apakah nilai2ny harus bagus2 banget supaya bisa dipercaya ngambil jurusan kedokteran di jepang?
    soalny..kalo pada akhirny keterima Monbusho dan ditempatin di jurusan lain di jepang, saya mungkin agak mikir2 juga nih mau nyoba daftar atau ngga (yaelah..belum pasti keterima juga kalo daftar haha)
    Tolong ya kak, lagi galau tingkat dewa..ほんとうにありがとう!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu, kalo kamu bener2 pengen kedokteran, pilih jurusannya nanti satu aja, yaitu kedokteran, nggak ngisi pilihan 2 sama 3 nya,,
      kalo masalah penempatan kk kurang tau juga gimana kualifikasinya,, yg jelas berusaha aja dulu buat dapetin beasiswanya, nanti kamu bisa tanya lebih jelasnya sama senpai2 disini buat prospek kedepannya,,
      cttn : " program s1 nanti akan dibimbing oleh senpai2nya masalah jurusan setelah sampai di jepang dan program s1 boleh ganti jurusan nantinya "

      Hapus
    2. tapi tapi.. saya baca yg di postinganny Kak Tamara, khusus buat applicant yg mau ngambil kedokteran, wajib ngasih pilihan 2 dan 3 kak :'(
      hmm.. kaka mungkin tau ada ngga senpai2 dari indonesia yg masuk jurusan kedokteran lewat monbusho? kalo misalny ada, walaupun cuma 1, berarti masih ada peluang..soalny saya takutny bener2 belum pernah ada yg msuk kedokteran dari indonesia...
      makasih banyak ka infonya, bener2 pengen nyoba nih..tapi saya punya masalah juga di "mendapatkan restu orang tua" hehe. ortu saya kayanya agak keberatan soal saya yang mau nyoba (bahkan baru iseng nyoba) beasiswa ini..padahal belum tentu keterima juga kan :-|

      Hapus
    3. Setau kk sih, boleh kok milih cuma satu jurusan, temen kk yg dri D3 jga cuma milih satu jurusan, ujung2nya dapet juga,
      Kalo senpai2 yg dpt jurusan kedokteran kk nggak tau, coba kamu tanya aja sama kak tamara,,

      Hapus
    4. wookee, terima kasih banyak kaka info2ny.. doakan saya ya ka, sebentar lagi UN hehehe :)
      nanti mungkin selepas UN saya mau nanya2 lagi boleh kali ya? *eh*

      Hapus
    5. btw, ka, blog nya keren banget (y)
      maaf ka ga penting hehe

      Hapus
    6. Kak, kalo perpanjangan beasiswa d3/d2 itu prosedurnya gimana ya? Apa ikut tes masuk univ lagi? Terus, apa semua univ nerima lulusan d3/d2? Dan peluangnya lebih besar d3/d2 buat dapet perpanjangan beasiswa? Makasih :)

      Hapus
    7. Hmm, tergantung univ yg dituju sih, ada univ yg mewajibkan untuk tes tertulis, ada univ yg ada tes wawancara jga, ada jga univ yg gk perlu tes udah lgsng diterima. Macem2 sih, tergantung mau ngelanjutin univ dimana, cma kalo univ yg bagus rata2 ada ujian tertulisnya.

      Kalo d3 hampir semua univ bisa nerima, cma kalo d2 nggak semua univ bisa buat perpanjangan s1. Tpi tenang aja bnyk kok senior disini yg d2 bisa lanjut ke s1.
      Dan keunggulan d2 dibanding d3 itu, klo anak d2 selesai s1 itu butuh waktu 4 tahun pendidikan, 2 thun sekolah d2, 2 tahun kuliah s1. Sedangkan kalo d3, itu pendidikan d3 nya 3 tahun, dan kuliah s1 nya 2 tahun. Jdi anak d3 ke s1 butuh 5 tahun pendidikan.

      Kalo peluang dapet perpanjangan sih sama aja yg d3 atau d2.

      Hapus
  4. Permisi gan, mau tanya.
    kalo thn kelulusan punya pengaruh di proses seleksi ga sih? soalnya saya lulusan 2012 tp baru mau apply tahun depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak kok, temen seangkatan saya yang keberangkatan tahun 2013, ada yg udah lulus sma dri tahun 2011.. Jdi nggak usah khawatir

      Hapus
  5. ka mau tanya...bagi yang lulus nanti kan ada placement test ya ka..?
    placement test itu mempengaruhi beasiswa ga ka..?
    setiap yang udah dapet beasiswa ini dipastikan dapet universitas kan ka..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak kok, placement test gk akan ngaruh ke beasiwa, placement test tub cuma pembagian kelas kok,
      Yg saya tau biasanya yg dapet beasiswa ini untuk d2,d3,s1. Biasanya pd dapet univ kok, tng aja

      Hapus
  6. maaf bang . . kalo misal taon kemaren gagal*pas tes tulis* terus taon ini daftar lagi . . peluang lolos seleksi dokumen berkurang ngga ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak kok, temen seangkatan saya nyoba beasiswa sampe 3 kali dan akhirnya bisa keterima jga..

      Hapus
  7. Kak, kalau skrg sy kls 2 SMA dan lulus tahun 2015 jadi daftarnya tahun 2015 ya? Berarti brgkt tahun 2016 kan? Btw, ak jurusan ipa sayangnya kurang bisa matematika kak. Apa ak hrus plih jurusan ips? Atau kakak pnya saran jurusan apa yg cocok bwt aku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Klo ips kk kurang tau, tpi biasanya yg lulus disini yg pda ngambil ipa, dulunya jga ngambil ipa, krna nilai di rapot dan di UN kan pelajaranya ipa jga. Maaf klo ips kk gk tau..

      Hapus
  8. kaka, mau tanya boleh ?
    kalau seumpamanya nilainya kurang alias ga mencukupi standarisasi apakah wajib ikut jlpt?
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf itu saya kurang tau, silahkan tanya ke pihak kedubes

      Hapus
  9. Maaf kak, mau nanya untuk nilai dan dokumen raport masuk apa nggk ya? Aku kira2 lulus 2016 terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo jaman saya, rapot masih masuk penilaian, tpi gk tau untuk pembukaan thn 2016, cek terus aja website kedubes

      Hapus
  10. Kak, saya mau tanya. Klo boleh tahu orang2 yang mendapatkan beasiswa ini dan sdh lulus perkuliahannya di jepang, sekarang pekerjaannya apa saja dan dimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata2 sih pada jdi engineer. Perusahaanya :

      -古河電気工業 (furukawa industry)

      - IHI coorperation

      - Japan display

      - オルガノ株式会社 (Organo corporation)

      -PT Jmax Indonesia

      -パナソニックシステムネットワークス (Panasonic system networks)

      - Bellsonica Corporation

      -Terumo

      - 株式会社RAWHIDE

      Dll.

      Hapus
  11. Kak mau nanya dong, untuk program D2, D3, S1 yg jurusan IPA itu seandainya kalo ga bisa bahasa jepang gimana kak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak masalah gk bisa bahasa jepang, nanti kan bakal ada program bahasa 1 tahun. kalo sudah setahun biasanya udah membiasa lah bhs jpngnnya, udah gk khawatir gk bisa bahasanya.

      Hapus
  12. kak saya lulusan tahun 2016 nanti dan berminat ikut beasiswa di jepang ini. boleh tidak saya minta fb/twitter/no hp untuk tanya informasi lebih lanjut ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, fb sama twiter saya gk terlalu aktif, no hp jg pke no hp jpng, klo mau nanya, komen aja ya,,

      Hapus
  13. Kak, ada ngga lulusan monbu yang nerusin S2 di eropa gitu? trus ada juga ngga lulusan S1 monbu yang sekarang jadi dosen di Indonesia? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nerusin s2 di eropa saya belom pernah denger. Tpi kalo yang nerusin S3 di eropa ada. jadi beliau monbusho s1, s2nya ttp di jepang, trus s3nya nerusin di Jerman. Bahkan beliau nerusin Post doc di Amerika.

      lulusan s1 jepang yg jadi dosen di Indonesia jga saya belum pernah denger sih. Tpi mungkin bisa kok, kalo setelah lulus s1 mau jadi dosen di Indonesia.

      Hapus
  14. Gan permisi mau tanya? itu maksudnya status permanent residence atau kewarnganegaraan di jepang itu apa? Apakah harus sudah memiliki status residence permanent sebelum mmengkonfirmasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi status permanent residence itu status menetap selamanya dijepang, nah kalo punya status itu, harus menghubungi pihak kedubes.. Klo gk punya status itu gk masalah kok.. Krna disini nanti bakal perpanjang status visanya..

      Hapus
  15. Maaf Ka mau nanya, kalau buat anak lulusan SMK (animasi) bisa nggak ya ambil jurusan bahasa kyk gtu? soalnya nilai rapotnya agak beda dari anak SMA wlaupun ada bbrpa plajaran yg sama kyk fisika dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hm, klo kurang ngerti jga sih, coba telp pihal kedubes aja..

      Hapus
  16. Kak untuk s1 harus pake surat rekomendasi ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya liat di web kedubes sih, untuk seleksi dokumen awal, gk ada suruh buat surat rekomendasi. itu nanti setelah lulus ujian tulis dan suruh ngumpulin data2,

      Hapus
  17. Kak... mau nanyak. Kalau nama kita hanya satu kata, gimana nulis di family name, given name sama middle name nya ya?? Trus apa bedanya present address sama email address ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena orang indonesia biasanya gak ada family name, jadi tulis aja nama kamu dibagian given name. Present address itu alamat tempat tinggal tetap kita. email address itu ya email aktif kamu..

      Hapus
    2. ooo... makasi kak. mau nanyak lagi, aku sama sekali gabisa bahasa jepang. jadi aku centang poor di reading, speaking, dan writing, atau dikosongkan saja? Makasi kak

      Hapus
    3. tulis aja poor, gk masalah kok.

      Hapus
    4. ooo... Kak apa bedanya primary education sama elementary education? kok dalam satu kolom gitu. Lalu, beda secondary education sama middle school?

      Hapus
    5. primary education sama elementary education itu gk ada bedanya, sama. secondary school itu bisa smp / sma. smp (secondary education / secondary lower school), sma (upper secondary school). tpi kalo middle school itu jelas smp.

      Hapus
  18. placement test itu gimana testnya kak? di test sesuai dengan pilihan jurusan trus ditempatin sesuai dg kemampuan kita gitu kak? univ yang nerima kita itu biasanya swasta atau pemerintah?

    BalasHapus
  19. kak mau nanya beda D2 sama D3 dari sistem pendidikannya apa? soalnya aku bingung mau coba ambil arsitek d2 atau d3 kak. mohon pencerahannya ya kak...

    BalasHapus
  20. Kak mau nanya,kalo mau ngambil fakultas kedokteran berarti aku milih yg 'medicine' ya? Berarti aku ngambil bidang studi IPA-C? Mohon infonya ka...

    BalasHapus
  21. Kak, kalau ingin daftar kan harus mencantumkan nama sesuai yang ada di paspor, tapi belum punya paspor. Otu bagaimana ya? Terima kasih.

    BalasHapus